Jumat, 30 September 2016

STUNTING (PENDEK)

Review mata kuliah
MASALAH TERKAIT GIZI

1.       Metabolik sindrom
2.       Kanker
3.       Penyakit Ginjal
4.       Kurus dan gizi kurang/buruk (wasting and underweight)
5.       Pendek (stunting)
6.       Anemia
7.       Kekurangan vitamin A
8.       GAKI (Gangguan akibat kekurangan iodium)



Contoh gambar anak stunting

Ø Definisi
Stunting atau postur tubuh pendek merupakan peningkatan tinggi badan yang tidak sesuai dengan umurnya. (Kemenkes, 2010)

Stunting merupakan indikator kekurangan gizi kronis dan akibat dari ketidakcukupan asupan makanan dalam waktu lama, kualitas pangan yang buruk, meningkatnya morbiditas, atau kombinasi dari faktor tersebut

Menurut WHO, World Health Statistics  tahun 2012  mengatakan  bahwa  Indonesia menduduki peringkat kelima prevalensi stunting tertinggi tingkat Asia  pada tahun 2005-2011.







Ø Penyebab Stunting


*   Panjang badan lahir
Bisa disebabkan oleh faktor genetik, dan juga karena kurangnya pemenuhan zat gizi pada masa kehamilan. Kurangnya zat gizi yang diasup oleh ibu selama masa kehamilan.
*   Tinggi badan orangtua
Ibu dengan tinggi badan pendek akan berpeluang melahirkan anak yang pendek pula.
Ibu yang mempunyai tinggi badan kurang dari 150cm lebih beresiko.


ØGejala Stunting

*   Gejala Jangka Pendek (pada masa anak-anak)
Hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, penurunan fungsi kognitif, dan gangguan sistem pembakaran
*   Gejala Jangka Panjang (pada masa dewasa)
obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis

Ø Zat Gizi/makanan yang dapat mencegah stunting
Stunting dapat dicegah dengan memenuhi asupan nutrisi seperti protein yang cukup bagi ibu hamil. Salah satunya adalah protein hewani, merupakan protein komplit yang mengandung semua jenis asam amino esensial dalam porsi yang sesuai untuk keperluan pertumbuhan janin.

*   Pemberian tablet zat besi (Fe) bagi ibu hamil dan menyusui
Zat besi berguna untuk mencegah anemia pendarahan saat melahirkan, serta mencegah    cacat janin, selain itu juga berguna untuk tumbuh kembang janin.

*   Pemberian suplemen vitamin A untuk anak balita
Vitamin A dapat mengendalikan aktivitas osteoblas dan osteoklas tulang. Sehingga bila kekurangan vitamin A maka dapat menyebabkan pertumbuhan skeletal berkurang.

*   Pemberian ASI eksklusif hingga usia 6 bulan.
Air Susu Ibu (ASI) mengandung banyak DHA yang diperlukan dalam perkembangan otak anak. Selain itu protein dalam ASI terdiri dari kasein, alpha laktalbumin dan beta laktoglobulin. Alpha laktalbumin adalah 25-30% dari protein ASI yang merupakan penyedia terbesar asam amino untuk pertumbuhan bayi.

*   Makanan pendamping ASI yang bergizi setelah usia 6 bulan.
MP-ASI yang baik terbuat dari bahan makanan segar, seperti: tempe, kacang-kacangan, telur ayam, hati ayam, ikan, sayur mayur dan buah-buahan.

Ø PROSEDUR TERJADINYA STUNTING



Ø Perbaikan Gizi
Kondisi ibu selama hamil sangat berpengaruh pada pertumbuhan janin yang dikandung, yang pada gilirannya mempengaruhi panjang badan bayi yang dilahirkan kelak . Setelah dilahirkan, perbaikan pola makan bayi pendek dilakukan dengan memberikan ASI eksklusif sampai dengan 6 bulan. (Ditjen Bina Gizi dan KIA, Kemkes RI, 2015).

*     Dimulai sejak Ibu  hamil sampai anak berusia 2 tahun merupakan masa emas dan kritis pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama perkembangan otak. Dengan demikian, apabila masa emas ini terlewatkan, maka sulit untuk mencegah pendek yang terbawa sampai dewasa.
*     20 minggu pertama kehamilan yang dibutuhkan utama adalah protein dan gizi mikro yang terdiri dari asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, kolin, DHA dan yodium serta gizi makro berupa protein dan karbohidrat dengan asupan yang cukup.untuk kepentingan pertumbuhan otak janin yang sebenarnya
*     Lebih dari 20 minggu kehamilan sampai dengan melahirkan dibutuhkan gizi makro (energi/kalori)
*     Sepanjang hamil, seorang Ibu dengan kurang energi kronis (indeks massa tubuh <18,5) diharapkan mengalami kenaikan berat badan   sebanyak 12,5kg untuk mencegah melahirkan bayi pendek (Achadi, 2015



*





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL DASAR ILMU GIZI KESMAS

Kondisi Gizi Anak Indonesia sumber: https://kominfo.go.id/content/all/infografis?page=113 Deskripsi mata Kuliah Memberikan pemahama...